Kamis, 20 September 2012

5 Transportasi Umum yang Ada di Bali

Menurut saya Transportasi merupakan perpindahan manusia/ barang dari suatu tempat ketempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang dikerakkan oleh manusia, hewan, maupun mesin. transportasi digunakan untuk mempermudah kegiatan sehari-hari. contohnya bekerja, pergi kesekolah, dan liburan. di bali ada beberapa transportasi umum yang sering digunakan oleh parawisatawan untuk berpergian. biasanya harga transportasi umum lebih murah dari harga sewa mobil dan menggunakan agen perjalanan, tetapi fasiltas yang di dapat di suatu agen perjalan tidak bisa kita temui di transportasi umum. berikut ini adalah contoh transportasi umum yang ada di bali.

1. Taksi

Taksi adalah angkutan umum yang menggunakan mobil untuk mengangkut
penumpangnya. Taksi umumnya menggunakan mobil jenis sedan, namun di beberapa
negara ada pula taksi jenis van yang dapat mengangkut lebih banyak penumpang atau
muatan.
Tarif layanan jasa angkutan taksi dihitung melalui dua cara:
a. menggunakan argometer - dihitung secara otomatis tergantung jumlah jarak
yang ditempuh.
b. berdasarkan kesepakatan - penumpang dan pengemudi menyepakati tarif
sebelum (kadang bisa juga sesudah) perjalanan.
Perbedaan utama antara taksi dengan angkutan umum darat yang modern
lainnya seperti bus terletak pada jumlah penumpangnya. Menggunakan mobil, taksi
hanya dapat memuat sekitar 4 penumpang di dalamnya, dan penumpangnya tersebut
biasanya berada dalam satu kelompok.

2. Bus Trans sarbagita
 Bali sebagai daerah tujuan pariwisata domestik dan internasional telah mengalami pertumbuhan ekonomi signifikan. Salah satu indikasinya dapat dilihat dari konsumsi kendaraan bermotor yang cukup tinggi. Pada akhir tahun 2009 jumlah sepeda motor di Bali mencapai 1.317.026 unit. Jumlah ini meningkat hampir dua kali lipat menjadi 2.016.301 unit pada semester pertama 2011. Total kendaraan bermotor yang beroperasi diperkirakan mencapai 2,2 juta unit atau lebih dari setengah penduduk Bali. Maka muncullah Bus Trans Sarbagita sebagai solusinya. Bus Trans sarbagita merupakan salah satu layanan transportasi publik yang dikelola pemerintah daerah Bali. Pelayanan ini memiliki standar layanan minimal dengan memerhatikan kemampuan penyelenggara, kebutuhan masyarakat, dan kondisi lingkungan. Dan juga melibatkan masyarakat atau pihak terkait. Tetapi bus ini baru beroprasai hanya di daerah denpasar, nusa dua, dan gianyar, belum keseluruh penjuru bali.

3. Dokar/ Delman

Delman adalah alat transportasi yang digerakan oleh kuda dan tidak menggunakan mesin. dokar ini memiliki dua roda. biasanya dokar ini hanya bisa mencapai jarak tempuh yang tidak begitu jauh. di zaman ini dokar amat sangat jarang diteukan. karena sedikit yang meminatinya dan juga karena jarak tempuh yang bisa di lewati oleh dokar. tetapi sekarang dokar bisa ditemukan di tempat-temapt rekreasi keluarga dan desa-desa kecil.

4. Bemo
 
bemo merupakan alat trasportasi yang ada di bali, namun di zaman sekarang keberadaannya sedikit demi sedikit telah hilang, karena banyak yang beralih ke kendaraan pribadi. bemo ini sebenarnya alat transportasi yang baik tetapi keadaan fisik mobil yang kurang menarik dan sopir yang sering menghiraukan aturan lalu lintas membuat masyarakat menjadi enggan untuk menggukan transportasi ini. ongkos untuk menikmati transportasi ini amat murah mulai dari Rp.1000- Rp.5000.

5. Ojek Motor

Ojek motor adalah layanan transportasi yang menggunakan motor / kendarran roda dua sebagai alat utamanya. ojek ini digerakkan oleh tenaga mesin dan dikendalikan oleh orang yang sudah memiliki pengalaman. tetapi ojek ini tidak dapat menempuh jarak yang begitu jauh dan juga harganya yang mahal. ojek juga kurang evisien jika kita membawa barang yang banyak di karenakan tidak ada bagasi dalam ojek. ojek sekarang biasanya digunkan di suatu desa.

1 komentar:

  1. Hello Traveler...
    Anda ingin wisata ke Pulau Bali tapi khawatir biaya mahal?
    Jangan khawatir, sekarang anda bisa menikmati wisata kemanapun tujuan anda :
    - GWK
    - Uluwatu
    - Bedugul
    - Pantai Dreamland
    - Pantai Pandawa
    - Ubud
    - Monkey Forest
    - dll.
    Sebutkan tujuan anda & saya akan berikan tarif yang sangat terjangkau.
    Harga mulai Rp.50.000 & sangat flexible jika mengambil paket ke beberapa obyek wisata (based on budget)
    Melayani juga ojek reguler :
    - Antar jemput Bandara Ngurah Rai / Pelabuhan Padang Bai / Terminal Ubung / Mengwi
    - Antar jemput Hotel / Cari Kost
    - Antar jemput Kerja / Kuliah
    - Antar Shopping
    - dll.

    See you in Bali & happy holiday..
    www.transportojekbali.blogspot.com

    BalasHapus